Saturday, October 1, 2016

Ceremonial N2 Purging

Ceremonial N2 Purging: Fase Pre-Comm Section III & IV KSO-HMP MKMT Project Gas Pipeline

Team Ceremonial N2 Purging MKMT Project Gas Pipeline Project foto bersama
 PM KSO-HMP (bpk Dody Dewanto)
Project Manager KSO-HMP (bpk, Dody Dewanto) bersama
 CM KSO-HMP (bpk. Asep Sutisna Daryatmo), Procurement
Mgr (bpk. H. Witarso), Pro-Cont Mgr (bpk. Abdul Hair) dalam
Ceremonila N2 Purging KSo-HMP
Sementara di KP-23 sedang dilaksanakan pengelasan atau welding golden joint, Kamis pagi pukul 11.00  WIB (29/09/2016) di KP-15 Plumpang sedang dilaksanakan Ceremonial N2 Purging dari KP-15 ke KP-30 oleh team management KSO-HMP. Ceremonial N2 Purging ini adalah hajatan bersama team engineering, QC, construction dan procurement KSO-HMP yang dikoordinir oleh tim HSE dan Humas KSO-HMP atas komando Project Manager KSO-HMP. Ceremonial N2 Purging ini diadakan untuk pertama kalinya selama MKMT Project Gas Pipeline ini dilaksanakan seiring dengan akan dimulainya proses N2 Purging. N2 Purging merupakan fase terakhir dari Pre-Comm (Pre-commissioning) yang berada setelah selesai fase Hydrotest.



Bpk Dody Dewanto (PM
KSO-HMP) bersama team
N2 Purging
Hadir dalam Ceremonial N2 Purging ini adalah: Bapak Ir. Dody Dewanto MT (Project Manager KSO-HMP), bpk. H. Tjuk Supriyanto (General Affair Manager KSO-HMP), Bpk. H. Witarso (Procurement Manager KSO-HMP), bpk. Asep Sutisna Daryatmo (Construction Manager KSO-HMP), bpk Pram (Engineering Manager KSO-HMP), bpk. Desri Ghobah (QC Manager KSO-HMP), bpk. Abdul Hair (Project Control Manager KSO-HMP), bpk. Dolfie Lasut Worotikan (HSE Manager KSO-HMP) dan semua staff KSO-HMP.


PM KSO-HMP (bpk Dody dewanto)
membuka kran evaporator N2 purging
Sebelum  Ceremonial N2 Purging dimulai, koordinator acara yakni bpk Dolfie Lasut Worotikan (HSE Manager KSO-HMP) memimpin Tool Box Meeting kepada semua crew N2 Purging yang terlibat baik dari KSO-HMP, PT. Farrel maupun dari Utama Gas sebagai supplier N2. Setelah makan siang, ceremonial N2 Purging dimulai dengan pembukaan dari shohibul hajat yakni bpk Dolfie LW, yang dilanjut dengan sambutan dan prakata dari bpk, H Tjuk Supriyanto, bpk Pram dan bpk. Asep Sutisna Daryatmo. Selanjutnya, setelah dilakukan foto bersama, bpk Ir. Dody Dewanto MT didaulat untuk membuka kran evaporator sebagai simbol dimulainya pekerjaan N2 Purging MKMT Project Gas Pipeline ini.

QC Mgr Pertamina Gas (bpk Agung A.) 
HSE Mgr KSO-HMP (bpk. Dolfie LW)
TBM di lokasi N2 Purging
Menurut Engineering Manager KSO-HMP bpk Pram, N2  Purging adalah injeksi Nitrogen untuk menyingkirkan kadar oksigen yang ada dalam pipa sampai batas toleransi kurang dari 1%. "N2 Purging sebagai proses drying interior pipa yang terbentang dalam tanah dengan menggunakan Nitrogen sebagai medianya agar kadar oksigen di dalam pipa bisa mencapai titik 0 %, maksimal di bawah 1 % dengan memakai Nitrogen yang purity 99,995%, Dew Point -20•C, pressure akhir 50 Psig", timpal bapak Agung Andriyanto (QC manager Pertamina Gas) Sabtu (01/10/2016) kemarin. Sedangkan menurut bpk Poegoeh (Deputy Pertamina Gas), N2 Purging sebagai pengkondisian prosentase oksigen di dalam pipa supaya terdesak keluar dari pipe system sehingga menjadi vacuum agar tidak terjadi proses chemical dengan gas yang akan dialirkan. 

QC PMC & QC KSO-HMP
(Bambang & Arman)
Bpk Poegoeh (Deputy PM Pertagas)
bersama bpk H. Tjuk Supriyanto
(GA Mgr KSO-HMP)
Secara etimologis, purging artinya adalah memurnikan atau membersihkan. Sedangkan secara terminologis, purging atau flushing adalah menguragi konsentrasi oksigen di bawah Limiting Oxygen Concentraion (LOC) dengan cara mengikat kadar oksigen sehingga tidak dapat bereaksi dengan gas yang dapat menimbulkan ledakan/flam karena sifat gas nitrogen (N2) tidak bereaksi terhadap senyawa lain.  Menurut Wikipedia purging is the act of removing, from the vicinity of the joint, oxygen, water vapour and any other gases or vapours that might be harmful to a welding joint as it is being welded and immediately after welding. Singkatnya, N2 Purging adalah proses verifikasi lebih lanjut terhadap keringnya sistem pipa yang akan dialiri gas. Jangan lupa baca pula postingan sebelumnya tentang Management Walkthrough Pertamina Gas di blog kita ini, Oke coy.
Crew Farrel di Evaporator
HSE Alwin Cs



Crew Farrel

No comments: