Sunday, September 11, 2016

Pemasangan SBV (Section Ball Valve)

Pemasangan SBV (Section Ball Valve) KP-15 Plumpang MKMT Project KSO-HMP

Pemasangan SBV (Section Ball Valve
Subagyo (Spv KSO-HMP
 pemasangan
SBV
Penetrant by QC Ferry
Hari Minggu pagi (11/09/2016) crew Minto di KP-15 Plumpang Yos Sudarso mengerjakan pemasangan SBV (Section Ball Valve) yang berfungsi sebagai buka-tutup aliran tranmsisi gas nantinya. Sebelumnya, grinder Amin dan Listiyono melakukan bevelling pada ujung pipa existing dan pada kedua ujung pipa pipe piece 4 meter. Setelah tiba kiriman SBV dari Workshop Kebantenan ke lokasi, maka crew Minto segera melakukan pembenahan apa yang harus dilakukan.

Setelah kotak packing SBV dibuka dan diperiksa oleh QC Ferry PM Pilliang dan Hamdani yakni dengan menyemprotkan Spot Checks Developer dan Penetrant untuk mengetahui dan memastikan ada-tidaknya crack di kedua ujung pipa
Grinder Listiyono
SBV ini. Selanjutnya, grinder Listiyono melakukan perapihan bevell yag sudah
Golden Joint SBV By Maman & Yusni
di penetrant sebelum di lowering untuk dilakukan pengelassan atau welding joint tie-in.

Operator exca, Uus melakukan manuver lowering SBV dibantu rekannya disaksikan oleh Spv KSO-HMP Subagyo, foreman Minto, QC Ferry dan Jr. Spv A Kamil Rosyad. Pipe fitter Slamet sudah menunggu di lubang tie-in untuk melakukan fit-up atau penyetelan dalam proses pemasangan SBV dengan ujung
Pennetrant
pipa existing agar siap dilakukan pengelasan oleh welder Maman dan Yusni. Setelah proses fit-up selesai, maka welding golden joint pun dilakukan, namun setiap tahapan pengelasan selalu disemprotkan penetrant pada hasil pengelasan.

Crew pemasangan SBV
Tepat pukul 20.30 WIB, proses pemasangan SBV dengan pipa existing dan pipe piece selesai sudah dan hasilnya lolos NDT. Patut diketahui, bahwa pemasangan SBV mulai dari Muara Karang hingga Muara Tawar rencananya sejumlah 4 unit yakni di Ancol Barat/Damkar), KP-15 Plumpang, KP-23 KBN dan Muara Tawar.Baca pula postingan sebelumnya tentang Prepare Pemasangan Valve di blog ini.


No comments: