Sunday, March 20, 2016

PT Kafa

Rangkaian Kerja Konstruksi PT Kafa Dalam Proyek Muara Karang Gas

Tri (PM Kafa), Huzaini (Qc KSO), 
A. Kamil R (Jr Spv), U Entis

Sejak tanggal 10 Maret 2016, PT Kafa (Kartosen Family) mulai berkiprah melakukan kerja konstruksi Pipa Gas proyek MKMT (Muara Karang-Muara Tawar). Langkah pertama yang dilakukan selain prepare equipments/alat, manpowers dan teknis administrasi, juga mulai mengerjakan kerja trenching (penggalian jalur ROW/centre line). Tim gali PT Kafa sebanyak 27 orang dengan kepala regunya Bacan dan Sale. Hingga saat ini Tim gali telah melakukan penggalian sepanjang 50 meteran. kenapa? selain faktor longsor dan hujan yang berkesinambungan, juga kendala lainnya seperti komplain dan koordnasi dengan warga yang alot.

TBM by Alfrits & Calvin
(HSE Spv.)
Kegiatan lainnya adalah Tool Box Meeting (TBM) yang telah dilakukan sebanyak 2 x yakni tanggal 10 Maret 2016 dipimpin langsung oleh bpk Dolfie Lasut Worotikan (Manager HSE KSO-HMP), dan tanggal 16 Maret 2016  yang dipimpin oleh bpk Calvin Kawulusan & Alfrits Roman (HSE Officer KSO-HMP) yang didampingi oleh A Kamil Rosyad (Jr Spv KSO-HMP). Dalam ke2 TBM tersebut ditekankan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja bagi seluruh crew PT Kafa yang terlibat. Maka, penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) sangatlah diperlukan. Hindari kecelakaan kerja sekecil apapun.


 
Team Welder PT Kafa
Kegiatan kerja welding dimulai tanggal 11 Maret yakni         pembuatan 2 tripod dan 1 clamp fit-up yang dilakukan oleh team welder yakni: Endang, Richard, Kusnadi, Eko, Suharno, Hanafi, Rifki, Dustira. Kedua tripod digunakan untuk line-up welding tanggal 17 Maret 2016 hingga 20 Maret yang menghasilkan 4 joint (J-77RW, 76,75 dan 74). Hasil NDT: 2 acc dan 2 belum ditembak. 2 welding pertama merupakan production test welder untuk mengecek keahlian welder PT Kafa. Alhasil, welder Richard harus diganti Ali Yahya (Number steam 14) dan welder Endang (number steam 31) tetap bertahan. Penguji: Joko PMC, Joko KSO dan Ghorib (QC Kafa yang kemudian diganti oleh Andika Cahya)

Duo Welder PT Kafa: 
Endang & Ali Yahya
Selanjutnya, kemarin sore dilakukan PQT FJC yang diuji oleh QC Coating KSO-HMP (bpk Ahmad Huzaini) didampingi oleh QC coater PT Kafa bpk U. Entis. Dalam kegiatan welding production test maupun PQT, pimpinan PT Kafa hadir yakni bpk Tri Sutriyatno, bpk Ikbal dan bpk Adit yang didampingi oleh bpk Nino, bpk Aji dan bpk Fajar. rencananya, PT Kafa hari ini akan melakukan lowering bending joint 6", semoga berhasil. dont forget postingan sebelumnya tentang survey bersama di blog kita ini.
Post a Comment